1.
3 Langkah Dalam Pemasaran
a. Segmentasi
Pasar
Langkah pertama dalam pemasaran adalah melakukan segmentasi
pasar atau pengelompokan pasar berdasarkan beberap faktor, seperti geografis,
demografis (industri, ukuran perusahaan), atau berdasarkan manfaat yang dicari
pembeli, tingkat penggunaan, dan status sosial.
Enam langkah dalam proses segmentasi pasar, yaitu
:
1. Menentukan batas pasar
1. Menentukan batas pasar
2. Memutuskan variabel segmentasi yang akan
digunakan
3. Mengumpulkan dan menganalisis data segmentasi
4. Mengembangkan profil tiap-tiap segmen
5. Mendidik segmen-segmen yang dilayani
6. Merancang rencana pemasaran
4. Mengembangkan profil tiap-tiap segmen
5. Mendidik segmen-segmen yang dilayani
6. Merancang rencana pemasaran
b. Pembidikan Pasar
Setelah melakukan segmentasi pasar, berikutnya,
pemasar harus membidik segmen pasar yang terbaik. Untuk melakukannya, pemasar
terlebih dulu harus mengevaluasi potensi laba masing-masing segmen. Ini adalah
fungsi dari ukuran dan pertumbuhan segmen, daya tarik struktural segmen
(menurut model lima kekuatan dari Michael E. Porter).
Kemudian pengiklan harus memutuskan berapa banyak
segmen yang akan diliput. Pengiklan dapat mengabaikan perbedaan antar segmen, mengembangkan berbagai penawaran pasar untuk
beberapa segmen, atau
menggarap satu atau beberapa segmen. Keputusan peliputan pasar akan dipengaruhi
oleh faktor-faktor seperti sumber daya perusahaan, homogenitas produk dan
pasar, tahap siklus hidup produk dan strategi pemasaran bersaing. Dalam memilih
segmen sasaran, para pemasar perlu menyadari adanya keterkaitan antar segmen
serta kemungkinan pergerakan ke segmen lain.
c. Penetapan Posisi Pasar
Pembidikan pasar ini menentukan pesaing
perusahaan. Perusahaan harus meneliti posisi pesaing dan memutuskan posisinya
yang terbaik. Penentuan posisi adalah tindakan untuk merancang
citra perusahaan serta nilai yang ditawarkan sehingga pelanggan dalam suatu
segmen memahami dan menghargai kedudukan perusahaan dalam kaitannya dengan
pesaing. Tugas penentuan posisi terdiri dari tiga langkah: mengenali keunggulan
bersaing yang mungkin untuk dimanfaatkan, memilih yang paling tepat dan secara
efectif mengisyaratkan kepada pasar tentang posisi yang dipilih perusahaan.
Strategi penentuan posisi produk perusahaan kemudian akan memungkinkan
perusahaan beranjak ke langkah berikutnya, yaitu merencanakan strategi
pemasaran bersaingnya. Penentuan posisi dapat dikelompokkan menjadi
penentuan posisi menurut nilai, menurut pesaing, menurut manfaat, menurut
penggunaan, menurut pemakai, menurut kategori produk, dan menurut atribut.
2.
Peran Atribut Produk
Atribut produk merupakan salah
satu penentu kesuksesan suatu produk di pasaran, karena atribut produk adalah
faktor-faktor yang dipertimbangkan pembeli pada saat membeli produk. Sebagai contohnya
kemasan suatu produk sejenis dengan harga yang sama, pembeli akan memilih
kemasan yang lebih berkualitas baik dan menarik. Berkaitan dengan itu juga,
atribut produk menentukan posisi suatu produk berdasarkan tingginya minat
pembeli pada produk tersebut.
3.
Pendapat mengenai restaurant yang ingin memenuhi
kebutuhan semua orang :
Menurut pendapat saya, kebijakan ini sangat berbahaya karena
kebutuhan masing-masing pribadi sangatlah beragam, terlalu banyaknya kebutuhan
yang ingin dipenuhi oleh restaurant ini dapat membuat restaurant menjadi tidak focus
kepada kualitas karena sibuk berusaha memberikan yang diinginkan oleh semua
orang, dan modal yang dibutuhkan pun tidaklah sedikit.
excelllent, 90
BalasHapus