Senin, 17 Februari 2014

Pelancong Bisnis ( Tugas 2)

1.         3 Langkah Dalam Pemasaran
a.    Segmentasi Pasar
Langkah pertama dalam pemasaran adalah melakukan segmentasi pasar atau pengelompokan pasar berdasarkan beberap faktor, seperti geografis, demografis (industri, ukuran perusahaan), atau berdasarkan manfaat yang dicari pembeli, tingkat penggunaan, dan status sosial.
Enam langkah dalam proses segmentasi pasar, yaitu :
1. Menentukan batas pasar
2. Memutuskan variabel segmentasi yang akan digunakan
3. Mengumpulkan dan menganalisis data segmentasi
4. Mengembangkan profil tiap-tiap segmen
5. Mendidik segmen-segmen yang dilayani
6. Merancang rencana pemasaran

b.    Pembidikan Pasar
Setelah melakukan segmentasi pasar, berikutnya, pemasar harus membidik segmen pasar yang terbaik. Untuk melakukannya, pemasar terlebih dulu harus mengevaluasi potensi laba masing-masing segmen. Ini adalah fungsi dari ukuran dan pertumbuhan segmen, daya tarik struktural segmen (menurut model lima kekuatan dari Michael E. Porter).
Kemudian pengiklan harus memutuskan berapa banyak segmen yang akan diliput. Pengiklan dapat mengabaikan perbedaan antar segmen, mengembangkan berbagai penawaran pasar untuk beberapa segmen, atau menggarap satu atau beberapa segmen. Keputusan peliputan pasar akan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti sumber daya perusahaan, homogenitas produk dan pasar, tahap siklus hidup produk dan strategi pemasaran bersaing. Dalam memilih segmen sasaran, para pemasar perlu menyadari adanya keterkaitan antar segmen serta kemungkinan pergerakan ke segmen lain.

c.      Penetapan Posisi Pasar
Pembidikan pasar ini menentukan pesaing perusahaan. Perusahaan harus meneliti posisi pesaing dan memutuskan posisinya yang terbaik. Penentuan posisi adalah tindakan untuk merancang citra perusahaan serta nilai yang ditawarkan sehingga pelanggan dalam suatu segmen memahami dan menghargai kedudukan perusahaan dalam kaitannya dengan pesaing. Tugas penentuan posisi terdiri dari tiga langkah: mengenali keunggulan bersaing yang mungkin untuk dimanfaatkan, memilih yang paling tepat dan secara efectif mengisyaratkan kepada pasar tentang posisi yang dipilih perusahaan. Strategi penentuan posisi produk perusahaan kemudian akan memungkinkan perusahaan beranjak ke langkah berikutnya, yaitu merencanakan strategi pemasaran bersaingnya. Penentuan posisi dapat dikelompokkan menjadi penentuan posisi menurut nilai, menurut pesaing, menurut manfaat, menurut penggunaan, menurut pemakai, menurut kategori produk, dan menurut atribut.

2.         Peran Atribut Produk
Atribut produk merupakan salah satu penentu kesuksesan suatu produk di pasaran, karena atribut produk adalah faktor-faktor yang dipertimbangkan pembeli pada saat membeli produk. Sebagai contohnya kemasan suatu produk sejenis dengan harga yang sama, pembeli akan memilih kemasan yang lebih berkualitas baik dan menarik. Berkaitan dengan itu juga, atribut produk menentukan posisi suatu produk berdasarkan tingginya minat pembeli pada produk tersebut.

3.         Pendapat mengenai restaurant yang ingin memenuhi kebutuhan semua orang :

Menurut pendapat saya, kebijakan ini sangat berbahaya karena kebutuhan masing-masing pribadi sangatlah beragam, terlalu banyaknya kebutuhan yang ingin dipenuhi oleh restaurant ini dapat membuat restaurant menjadi tidak focus kepada kualitas karena sibuk berusaha memberikan yang diinginkan oleh semua orang, dan modal yang dibutuhkan pun tidaklah sedikit.

1 komentar: