Artikel Ibu Derinta mengenai "Bagaimana Pelayan Restoran Menilai Anda" sangatlah penting untuk diterapkan di sebuah restoran. Penjualan yang meningkat dan upaya untuk memperkenalkan sebuah restoran kepada konsumen merupakan target utama dari sebuah pemasaran restoran. Pemasaran memegang peran vital terhadap eksistensi sebuah restoran.
Tidak hanya menjual makanan ataupun minuman yang enak, sebuah restoran harus memiliki pelayanan yang sempurna (excellent service). Excellent Service adalah salah satu cara untuk memasarkan sebuah restoran dengan pelayanan berkualitas dan memuaskan. Bagaimana cara memberikan pelayanan berkualitas tersebut? Hal ini telah dibahas di dalam artikel Ibu Derinta, yaitu "Membaca sebuah meja harus menempatkan Anda dalam kepala tamu". Saya sangat setuju dengan cara ini, sebagai seorang pelayan, untuk memberikan pelayanan terbaik, kita harus menempatkan diri sebagai tamu. Dengan begitu kita akan mengerti apa yang diinginkan tamu, dan hal apa yang tidak disukai seorang tamu.
Dengan melakukan pelayanan yang memuaskan, secara tidak langsung kita telah melakukan pemasaran. Kenapa? Karena tamu yang merasa puas dengan pelayanan yang sempurna, akan merasa senang dan tidak segan-segan untuk datang kembali ke restoran tersebut bahkan merekomendasikan kepada sanak saudara dan teman-temannya. Sedangkan jika sebuah restoran memiliki pelayanan yang buruk, saya yakin walaupun makanan dan minuman yang ada di restoran itu enak, tamu tidak akan kembali karena merasa tidak nyaman atau bahkan merasa tidak dilayani dengan baik. Maka dari itu menurut saya, pelayan restoran adalah sebuah "alat" pemasaran yang sangat penting.
Violin Paramita
11.2.1.1.005
DIV MPH A / 6
Good, 75
BalasHapus