Minggu, 16 Maret 2014

Analisis SWOT Pusat Oleh-Oleh Bali


Bali adalah sebagai salah satu daerah tujuan wisata di tanah air dan manca negara. Bali menyediakan beragam oleh - oleh atau souvenir yang bisa dibeli untuk koleksi pribadi maupun oleh - oleh untuk keluarga dan teman. Banyak terdapat pusat oleh-oleh yang dapat ditemukan di Bali. Ada beberapa tempat yang cukup di kenal turis asing maupun lokal untuk berbelanja oleh - oleh, diantaranya seperti dibawah ini :

1.         Krisna

Krisna Bali merupakan pusat oleh-oleh terlengkap dan terbesar di Bali. Berlokasi di Jl. Raya Tuban, Sunset Road, Jl. Nusa Kambangan, Jl. Nusa Indah, Krisna Bali memiliki koleksi yang lengkap dari T-shirt dengan motif-motif khas Bali, souvenir, makanan dan lainnnya.
Strengths :
ü Penataan produk dengan pengelompokan jenis yang teratur, sehingga memudahkan pelanggan untuk memilih dan menemukan produk yang dicari.
ü Pilihan produk yang ditawarkan beragam dan cukup lengkap, dimulai dari berbagai snack, pakaian, lulur & spa, aromatheraphy, tas, topi, dll.
ü Memiliki outlet yang buka 24 jam di Jl. Raya Tuban.
ü Memiliki website yang memuat informasi mengenai krisna.
ü Outlet-outlet Krisna terletak di daerah yang strategis.
ü Keamanan yang terjaga sehingga pelanggan dapat berbelanja dengan nyaman.
Weaknesses :
û Harga yang ditawarkan cukup tinggi dan merupakan fixed price.
û Staff kurang peka dan kurang ramah dalam melayani pelanggan.
Opportunities :
ü Membuka outlet baru di daerah yang belum ada krisna.
ü Membuka online shopping agar dapat mencakup pelanggan luar kota.
ü Mengembangkan produk yang menonjolkan kesenian Bali.
Threats :
û Harga yang cukup tinggi membuat pelanggan lebih memilih pusat oleh-oleh lain yang memiliki kualitas yang kurang lebih sama dengan harga lebih murah.

2.         Erlangga

Erlangga Bali adalah salah satu toko oleh-oleh, berlokasi di Jln Nusa Kambangan, Denpasar. Dijalan ini terdapat 2 toko Erlangga, Erlangga 1 dan Erlangga 2.
Strengths :
ü Produk yang ditawarkan cukup lengkap.
ü Harga produk yang ditawarkan ekonomis.
ü Mutu dan kualitas produk terjamin.
Weaknesses :
û Penerangan outlet yang kurang membuat pelanggan menjadi tidak tertarik.
û Pelayanan yang kurang baik karena staff yang tidak peka dan kurang menjual.
û Outlet berada di tempat yang kurang strategis dan berdekatan antara outlet 1 dan 2.
û Tempat parker erlangga 1 yang sempit membuat pelanggan malas untuk mengunjungi.
Opportunities :
ü Membuka cabang di letak yang lebih strategis.
ü Lahan parker yang luas menjadi pertimbangan yang penting bagi pelanggan.
ü Penataan serta penerangan yang lebih baik akan lebih menarik pelanggan.
Threats :
û Pusat oleh-oleh yang lebih menarik dan memiliki harga yang tidak berbeda jauh akan lebih menjadi pilihan pelanggan.

3.         Pasar Seni Sukawati

Pasar seni Sukawati merupakan pasar seni tradisional, terletak di kabupaten Gianyar. Pasar Seni Sukawati ini ada 3 tempat, pasar Sukawati 1, 2, dan 3.
Strengths :
ü Harga yang ditawarkan relatif murah.
ü Harga dapat ditawar hingga 50% dari harga yang diberikan.
ü Pelayanan yang baik dan ramah.
ü Produk yang dijual lengkap karena terdapat banyak penjual yang menawarkan berbagai macam produk.
Weaknesses :
û Kualitas produk yang ditawarkan kurang baik.
û Jika tidak pandai menawar, harga yang dibayar kurang sesuai dengan produk yang didapat.
û Lokasi yang kurang aman membuat pelanggan harus berhati-hati saat berbelanja.
û Penjual yang kurang teratur dalam penataan produk.
Opportunities :
ü Peningkatan keamanan agar pelanggan merasa nyaman berbelanja.
ü Terkenalnya pasar seni sukawati  harus dimanfaatkan dengan cara terus dikembangkan, dimulai dari kerapihan pertokoan dan penataan barang jualan.
Threats :
û Persaingan yang ketat antar penjual yang berjualan di pasar seni sukawati.
û Pelanggan lebih memilih pusat oleh-oleh yang nyaman dan aman.
û Pusat oleh-oleh dengan kualitas produk yang lebih baik lebih dicari oleh pelanggan.

Dari analisi SWOT yang dilakukan terhadap 3 pusat oleh-oleh di Bali, Krisna jauh lebih memiliki keunggulan dibandingkan dengan Erlangga dan Pasar Seni Sukawati. Krisna memiliki kelengkapan produk dan keamanan serta kenyamanan saat berbelanja, Erlangga hampir sama dengan Krisna, namun masyarakat lebih mengenal Krisna daripada Erlangga dikarenakan promosi yang kurang serta lokasi yang kurang strategis, sedangkan Pasar Seni Sukawati memiliki kelebihan sendiri, tetapi karena kurang aman dan nyaman ketika berbelanja disana, maka masyarakat cenderung lebih memilih berbelanja di Krisna ataupun Erlangga. Meski begitu, Pasar Seni Sukawati tetap memiliki kelompok konsumen tersendiri.

1 komentar: