Bali adalah sebagai salah satu daerah
tujuan wisata di tanah air dan manca negara. Bali
menyediakan
beragam oleh - oleh atau souvenir yang bisa dibeli untuk koleksi pribadi maupun
oleh - oleh untuk keluarga dan teman. Banyak terdapat
pusat oleh-oleh yang dapat ditemukan di Bali. Ada beberapa tempat yang
cukup di kenal turis asing maupun lokal untuk berbelanja oleh - oleh, diantaranya seperti
dibawah ini :
1.
Krisna

Strengths
:
ü Penataan produk dengan pengelompokan
jenis yang teratur, sehingga memudahkan pelanggan untuk memilih dan menemukan
produk yang dicari.
ü Pilihan produk yang ditawarkan
beragam dan cukup lengkap, dimulai dari berbagai snack, pakaian, lulur &
spa, aromatheraphy, tas, topi, dll.
ü Memiliki outlet yang buka 24 jam di
Jl. Raya Tuban.
ü Memiliki website yang memuat
informasi mengenai krisna.
ü Outlet-outlet Krisna terletak di
daerah yang strategis.
ü Keamanan yang terjaga sehingga
pelanggan dapat berbelanja dengan nyaman.
Weaknesses :
û Harga yang ditawarkan cukup tinggi
dan merupakan fixed price.
û Staff kurang peka dan kurang ramah
dalam melayani pelanggan.
Opportunities :
ü Membuka outlet baru di daerah yang
belum ada krisna.
ü Mengembangkan produk yang
menonjolkan kesenian Bali.
Threats :
û Harga yang cukup tinggi membuat
pelanggan lebih memilih pusat oleh-oleh lain yang memiliki kualitas yang kurang
lebih sama dengan harga lebih murah.
2.
Erlangga
Erlangga
Bali adalah salah satu toko oleh-oleh, berlokasi di Jln Nusa Kambangan, Denpasar.
Dijalan ini terdapat 2 toko Erlangga, Erlangga 1 dan Erlangga 2.
Strengths :
ü Produk yang ditawarkan cukup lengkap.
ü Harga produk yang ditawarkan ekonomis.
ü Mutu dan kualitas produk terjamin.
Weaknesses :
û Penerangan outlet yang kurang membuat pelanggan menjadi tidak tertarik.
û Pelayanan yang kurang baik karena staff yang tidak peka dan kurang
menjual.
û Outlet berada di tempat yang kurang strategis dan berdekatan antara
outlet 1 dan 2.
û Tempat parker erlangga 1 yang sempit membuat pelanggan malas untuk mengunjungi.
ü Membuka cabang di letak yang lebih strategis.
ü Lahan parker yang luas menjadi pertimbangan yang penting bagi pelanggan.
ü Penataan serta penerangan yang lebih baik akan lebih menarik pelanggan.
Threats :
û Pusat oleh-oleh yang lebih menarik
dan memiliki harga yang tidak berbeda jauh akan lebih menjadi pilihan
pelanggan.
3.
Pasar
Seni Sukawati
Pasar
seni Sukawati merupakan pasar seni tradisional, terletak di kabupaten Gianyar. Pasar Seni Sukawati ini ada 3 tempat, pasar Sukawati 1, 2, dan 3.
Strengths :
ü Harga dapat ditawar hingga 50% dari harga yang diberikan.
ü Pelayanan yang baik dan ramah.
ü Produk yang dijual lengkap karena terdapat banyak penjual yang
menawarkan berbagai macam produk.
Weaknesses :
û Kualitas produk yang ditawarkan kurang baik.
û Jika tidak pandai menawar, harga yang dibayar kurang sesuai dengan
produk yang didapat.
û Lokasi yang kurang aman membuat pelanggan harus berhati-hati saat
berbelanja.
û Penjual yang kurang teratur dalam penataan produk.
Opportunities :
ü Peningkatan keamanan agar pelanggan merasa nyaman berbelanja.
ü Terkenalnya pasar
seni sukawati harus dimanfaatkan dengan
cara terus dikembangkan, dimulai dari kerapihan pertokoan dan penataan barang
jualan.
Threats :
û Persaingan yang ketat antar penjual yang berjualan di pasar seni
sukawati.
û Pelanggan lebih memilih pusat oleh-oleh yang nyaman dan aman.
û Pusat oleh-oleh dengan kualitas produk yang lebih baik lebih dicari oleh
pelanggan.
Dari analisi SWOT yang dilakukan terhadap 3 pusat oleh-oleh di Bali, Krisna jauh lebih memiliki keunggulan dibandingkan dengan Erlangga dan Pasar Seni Sukawati. Krisna memiliki kelengkapan produk dan keamanan serta kenyamanan saat berbelanja, Erlangga hampir sama dengan Krisna, namun masyarakat lebih mengenal Krisna daripada Erlangga dikarenakan promosi yang kurang serta lokasi yang kurang strategis, sedangkan Pasar Seni Sukawati memiliki kelebihan sendiri, tetapi karena kurang aman dan nyaman ketika berbelanja disana, maka masyarakat cenderung lebih memilih berbelanja di Krisna ataupun Erlangga. Meski begitu, Pasar Seni Sukawati tetap memiliki kelompok konsumen tersendiri.
Dari analisi SWOT yang dilakukan terhadap 3 pusat oleh-oleh di Bali, Krisna jauh lebih memiliki keunggulan dibandingkan dengan Erlangga dan Pasar Seni Sukawati. Krisna memiliki kelengkapan produk dan keamanan serta kenyamanan saat berbelanja, Erlangga hampir sama dengan Krisna, namun masyarakat lebih mengenal Krisna daripada Erlangga dikarenakan promosi yang kurang serta lokasi yang kurang strategis, sedangkan Pasar Seni Sukawati memiliki kelebihan sendiri, tetapi karena kurang aman dan nyaman ketika berbelanja disana, maka masyarakat cenderung lebih memilih berbelanja di Krisna ataupun Erlangga. Meski begitu, Pasar Seni Sukawati tetap memiliki kelompok konsumen tersendiri.
Score: 90, excellent!
BalasHapus